Minggu, 23 Januari 2011

Musisi Jalanan

Musisi jalanan banyak kita temui di jalanan, adanya musisi jalanan dapat menghidupkan suasana sebuah kota. Tak berfikir sebaliknya kota itu pun menghidupkan para musisi jalanan tersebut. Hampir di setiap kota terdapat musisi jalanan.
Berbagai tipe musik jalanan banyak di temui di kota-kota. Ada yang solo, duet, kuartet bahkan kuintet pun ada. Dari hanya bermodalkan kepercayaan diri suara, dan kemampuan bermain alat musik yang autodidak. Berbagai macam alat musik yang digunakan antara lain : gitar, drum kecil atau bahkan alat musik tradisional yang mereka punya, yang perlahan-lahan dapat menjadi kebangsaan musisi jalanan.
Hampir seluruh musisi jalanan membuat kami terkagum-kagum dengan hanya bermodalkan suara dan anugrah dari tuhan, ia bisa tampil di depan banyak orang dengan percaya diri walau terkadang suara mereka tidak begitu enak di dengar.
Beberapa ada yang membuat kami terkesan kuat di benak kami. Setiap hari kami selalu bertemu di ruas-ruas jalan ketika menuju sekolah.
Pertama kami menyaksikan duo bernyanyi yang satu orang bermain gitar dan sisanya bermain drum, tak di sangka mereka lebih sering menampilkan lagu di era 90-an dengan aransement yang mereka buat sendiri, irama dan rhytem yang berbeda dengan frekuensi musisi jalanan. Terkadang musisi jalanan ini tidak menampilkan seluruh isi lagu melainkan hanya setengah dari lagu tersebut.
Bagi masyarakat awam alat musik biola terkesan tinggi dan sangat mahal dan butuh kursus yang relatif tidak murah dalam kalangan seperti musisi jalanan. Kami pikir alat musik seperti biola itu tidak akan bisa dipelajari secara autodidak.
Tapi kini kami banyak menemukan para musisi jalanan yang menggunakan alat musik biola sebagai alat musik yang ia pegang. Kami berpikir mereka mendapatkan skill tersebut darimana ?
Biola merupakan sebuah alat musik yang melodis. Biasanya digunakan pada part yang kosong saat penyanyi itu sedang berhenti bernyanyi. Dibagian ini lah kami berpikir mereka mendapatkan ide tersebut darimana ?Sehingga butuh pengetahuan yang luas untuk mengetahui tentang musik.
Saat bermain kuartet itu naik dengan komposisi alat musik tersebut, kami senang karena komposisinya terlihat unik. Pertama ia menyanyikan lagu secara harmoni dan sangat memanjakan telinga kami. Dengan skill yang baik pula.
Setelah memainkan lagu instrument yang pertama, mereka siap memainkan lagu yang kedua tetapi permainan itu tertahan oleh seorang ibu-ibu yang merequest lagu lain...
"Bang, lagu koes plus dong .." Lagu itu sudah bisa di tebak dari tampang ibu tersebut.
"Lagu yang mana bu?" Ujar seorang gitaris musisi jalanan tersebut.
"Yang mana aja deh.."
Hanya dengan isyarat tubuh mereka, mereka dengan spntan menampilkan sebuah lagu yaitu "manis dan sayang" kami sangat terkejut karena dengan spontan mereka menampilkan lagu tersebut dengan baik dan enak di dengar. Sulit di terka bagaimana keilmuannya. Kami sangat terhibur....
Intinya kami sangat tidak menyangka musisi jalanan itu dapat menghidupkan suatu kota dengan keterbatasannya ia bisa membuat lagu dengan sangat indah dan enak di dengar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar