Minggu, 16 Januari 2011

Genre Musik

GENRE MUSIK --> adalah  pengelompokkan  musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain. Musik juga dapat dikelompokan sesuai dengan kriteria lain, misalnya geografi. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tema musik.
PENGELOMPOKKAN SECARA KEGUNAAN :)
Secara umum, musik dikelompokkan menurut kegunaannya, yang dapat dikelompokkan dalam tiga ranah besar, yaitu Musik Seni, Musik Populer, dan Musik Tradisional.
1.MUSIK SENI 
Secara umum, musik dikelompokkan menurut kegunaannya, yang dapat dikelompokkan dalam tiga ranah besar, yaitu Musik Seni, Musik Populer, dan Musik Tradisional.
2.MUSIK KLASIK
Musik klasik biasanya merujuk pada musik klasik Eropa, tapi kadang juga pada musik klasik Persia, India, dan lain-lain.Musik klasik merupakan istilah luas yang biasanya mengacu pada musik yang dibuat di atau berakar dari tradisi kesenian Barat, musik kristiani, dan musik orkestra, mencakup periode dari sekitar abad ke-9 hingga abad ke-21
3.MUSIK POPULER 
Musik Populer merupakan jenis-jenis musik yang saat ini digemari oleh masyarakat awam
4.JAZZ
Jazz adalah jenis musik yang tumbuh dari penggabungan blues,ragtime, dan musik Eropa, terutama musik band. Beberapa subgenre jazz adalah Dixieland, swing, bebop, hard bob,cool jazz, free jazz, jazz fusion, smooth jazz, dan CafJazz.
5.GOSPEL
Gospel adalah genre yang didominasi oleh vokal dan biasanya memiliki tema Kristen.
6.BLUES
Blues berasal dari masyarakat Afro-Amarika yang berkembang dari musik Afrika Barat.
7.RHYTHEM DAN BLUES
Rhythm and blues adalah nama musik tradisional masyarakat Afro-Amerika, yaitu musik pop kulit hitam dari tahun 1940-an sampai 1960-an yang bukan jazz atau blues.
8.FUNK
 Musik jenis Funk ini biasanya memiliki nada beat groovy, suatu rhythm yang membuat pendengarnya berdecak mengikuti irama.
9.ROCK
Rock, dalam pengertian yang paling luas, meliputi hampir semua musik pop sejak awal 1950-an. Bentuk yang paling awal, rock and roll, adalah perpaduan dari berbagai genre di akhir 1940-an, dengan musisi-musisi seperti Chuck Berry, Bill Haley, Buddy Holy, dan Elvis Persley.
10.ELECTRONIC
Electronic dimulai lama sebelum ditemukannya synthesizer, dengan tape loops dan alat musik elektronik analog di tahun 1950-an dan 1960-an.
11. SKA , REGGAE, DUB
Dari perpaduan musik R&B dan musik tradisional mento dari Jamaika muncul ska, dan kemudian berkembang menjadi reggae dan dub.
12. HIP HOP / RAP / RAPCORE
Musik hip hop dapat dianggap sebagai subgenre R&B
13. POP
Musik pop adalah genre penting namun batas-batasnya sering kabur, karena banyak musisi pop dimasukkan juga ke kategori rock, hip hop, country, dsb.
14. MUSIK TRADISIONAL
Musik tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun, dipertahankan bukan sebagai sarana hiburan saja, melainkan ada juga dipakai untuk pengobatan dan ada yang menjadi suatu sarana komunikasi antara manusia dengan penciptanya, hal ini adalah menurut kepercayaan masing-masing orang saja.
15. LATIN
Musik latin ini memiliki subgenre Samba.
16. COUNTRY
Musik tradisional country dipengaruhi oleh blues, dan berkembang dari budaya Amerika kulit putih, terutama di kota Nashville.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar