Minggu, 23 Januari 2011

Musik itu Luas

Musik itu luas. ya, luas. mengapa kita memberi judul posting kali ini yaitu "musik itu luas" ? jawabannya, karena setiap orang setiap individu memiliki pendapat yang berbeda beda tentang musik. Kita sudah menjumpai beberapa orang yang berada di sekitar jalan kawasan Surabaya Selatan. Contohnya...
1. Ibu Pemilik Warung Kopi
       menurut ibu tersebut, musik adalah alunan lagu yang enak di dengarkan.
2. Tukang becak
       menurut beberapa tukang becak, musik merupakan hobi mereka ketika mereka sedang bersantai di beberapa warung. mereka berpendapat bahwa musik yang paling mereka gemari adalah musik dangdut.
3. Mas Penjaga warnet
        menurut mas penjaga warnet di daerah ketintang, musik adalah pengisi kesepian saat dia sedang bekerja (penjaga warnet). saat bekerja sebagai penjaga warnet, ia sering mendengarkan lagu lagu yang suka ia download di internet. dan lagu lagu tersebut ia perdengarkan kepada para pengunjung warnet tempat dia bekerja agar tidak sepi.
4. Bapak Penjaga Rel Kereta api
        kita mengetahui pekerjaan ini sangat mulia,karena tidak mudah sebagai penjaga rel kereta api. iya, beliau harus berkonsentrasi terhadap banyak pengendara yang melewati kereta api. beliau bercerita bahwa banyak keluh kesahnya menjadi penjaga rel kereta api. beliau pun tidak mungkin bersantai santai, jika tidak ada beliau mungkin sudah banyak korban berjatuhan karena tertabrak kereta yang sedang melintasi rel.
tetapi di tengah tengah beliau bekerja, beliau sempat mendengkarkan musik lebih tepatnya musik dangdut. beliau mengaku senang mendengarkan musik sejak ia duduk di kelas 3 SMA. sejak saat itu beliau tidak bosan mendengarkan musik walaupun hanya dengan radio. menurutnya musik adalah pelengkap saat beliau istirahat atau makan.
5. Penjaga Toko
       menurut mbak penjaga toko, menurut nya musik adalah kebutuhan saat ia sedang dikamar atau menjaga toko. mbak penjaga toko tersebut sangat gemar mendengarkan musik pop jaman sekarang. dia mengaku bahwa sejak SMP dia suka sekali mendengarkan lagu lagu pop dan suka menyanyikannya saat sedang menjaga toko. bahkan ditempat bekerjanya yaitu di toko dia disediakan oleh majikannya sebuah radio sebagai fasilitas dan agar ia betah bekerja disana.
6. Satpam SD
        sebagai satpam atau penjaga keamanan tidak lah mudah. karena harus mempunyai tanggung jawab demi keamanan orang disekitar. di sela sela pak satpam sedang melaksanakan tugasnya, beliau mengaku bahwa beliau senang mendengarkan musik melalui radio ataupun handphone nya. beliau menyukai segala musik tetapi lebih tepatnya musik keroncong. beliau mendengarkan musik keroncong saat sedang makan siang ataupun sedang santai.
7. Seorang mahasiswi
        kita sempat menghampiri seorang mahasiswi yang sedang menunggu angkutan umum. mahasiswi tersebut mengatakan bahwa menurutnya musik adalah kebutuhannya saat di kampus, rumah, dan dimana saja. kebetulan mahasiswi tersebut gemar sekali menyanyi. ternyata mahasiswi tersebut, juga memiliki pekerjaan sampingan sebagai penyanyi kafe. dia senang bernyanyi lagu pop karena menurutnya itu mudah dipelajari.



sekian dari survey kita tentang musik menurut masyarakat di daerah Surabaya Selatan. Dan kita semua mengetahui bahwa musik itu luas. tidak mengenal tempat dan waktu. kehidupan kita juga dipengaruhi musik entah itu dirumah, di pusat pembelanjaan, ataupun disekolah kita dapat mendengarkan musik :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar